Jika warung kelontong pada umumnya dikenal sebagai tempat berbelanja kebutuhan sehari-hari, Toko Kelontong SRC menawarkan sesuatu yang berbeda untuk Pelanggan SRC dan lingkungan sekitar. Sebagai komunitas Toko Kelontong Masa Kini yang tergabung dalam program kemitraan PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS), SRC juga turut mendukung keberlangsungan UMKM dari lingkungan sekitar melalui Pojok Lokal.
Sebuah rak khusus yang didedikasikan bagi pelaku UMKM di sekitar Toko Kelontong SRC untuk menjual produk usaha mereka, mulai dari makanan ringan, kerajinan tangan dan berbagai macam produk khas lokal lainnya.
Penempatan rak Pojok Lokal di dalam toko memiliki peran besar dalam membuat toko menjadi lebih menarik. Secara umum, toko kelontong memiliki alasan tersendiri dalam pengaturan produk yang berada di rak, yaitu untuk mempengaruhi keputusan pelanggan dalam berbelanja. Agar bisa membuat rak Pojok Lokal menjadi lebih menarik sekaligus menunjukkan ciri khas dari SRC, pemilik toko dapat menempatkannya di bagian depan toko. Hal ini berpotensi menarik perhatian pelanggan terhadap produk UMKM yang ada pada rak tersebut.
Setelah mengatur penempatan yang menarik perhatian, produk pada rak Pojok Lokal perlu memiliki variasi agar dapat memenuhi selera pelanggan yang beragam. Sediakan pilihan jajanan atau kerajinan dengan variasi jenis atau rasa untuk memberikan pilihan sekaligus memenuhi selera pelanggan. Namun, tentu saja pemilik Toko Kelontong SRC harus memperhatikan jenis produk mana saja yang lebih laku atau sedang populer di kalangan masyarakat agar variasinya bisa tetap laku dan menarik.
Ketika variasi produk di rak Pojok Lokal jumlahnya semakin banyak, pemilik toko harus selalu memastikan agar produk di rak Pojok Lokal tetap Rapi dan Bersih. Produk bisa disusun berdasarkan rasa atau bahan pokok, misalnya varian keripik ditempatkan dalam satu baris. Hal ini memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk mencari produk yang disediakan serta meningkatan kenyamanan pengalaman untuk berbelanja. Selain itu, ketika kerapihan rak Pojok Lokal terjaga, tentu akan memudahkan pemilik Toko Kelontong SRC untuk membersihkannya.
Salah satu cara agar pelanggan lebih tertarik untuk berbelanja tentunya adalah dengan memberikan penawaran menarik. Misalnya dengan cara promo potongan harga atau menjual produk dalam bentuk paketan (bundle). Produk jajanan Pojok Lokal juga bisa dijual sekalian bersama minuman ringan atau produk lain dari persediaan toko. Adanya promo dapat membuat pelanggan senang berbelanja di Toko Kelontong SRC terdekat. Selain tips promo di atas, pemilik toko juga bisa menawarkan potongan harga jika ada pelanggan yang ingin membeli produk dalam jumlah yang banyak.
Komunikasi yang baik adalah faktor penting dan perlu dipertahankan dalam menjalankan usaha toko kelontong. Keramahan dari pemilik toko terbukti bisa menambah kenyamanan pelanggan. Lewat komunikasi yang hangat dan ramah, pemilik Toko Kelontong SRC dapat membuat produk Pojok Lokal semakin menarik bagi pelanggan yang datang ke toko. Caranya mudah, tawarkan produk yang sedang tersedia di rak Pojok Lokal tiap kali sedang melayani pelanggan.