Perjalanan Kami Sebagai
SRC Indonesia
Berawal dari 57 toko kelontong sederhana di kota Medan pada tahun 2008, dengan semangat untuk terus berkembang menjadi lebih baik, kami terus berusaha dan bertransformasi untuk menjadi solusi untuk semua, bagi mitra grosir, pemilik toko kelontong, dan pelanggan di Indonesia.
Melalui semangat kebersamaan, kini kami dapat menghadirkan ekosistem yang terkoneksi dengan lebih dari 243.000 toko kelontong dan 6.300 Mitra SRC yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Kami tergabung dalam 8.200 Paguyuban SRC yang saling berbagi pengetahuan dan pengalaman untuk meningkatkan daya saing toko kelontong dan berkontribusi memajukan UMKM demi Indonesia yang jadi lebih baik.
Ekosistem SRC
Jalur perdagangan tradisional Indonesia pada dasarnya sudah terbentuk sejak dulu dimulai dari Produsen - Pedagang Grosir - Toko Kelontong/Ritel - Pelanggan. Sebagai salah satu tulang punggung utama perekonomian Indonesia, jalur perdagangan tradisional Indonesia harus terus dipertahankan. Di era transformasi digital yang semakin dinamis, ekosistem digital AYO by SRC hadir untuk mendampingi dan membawa semua lapisan ke dalam jalur perdagangan tradisional agar terus berkembang di era ekonomi digital.
Mitra SRC
Mitra SRC sebagai pedagang grosir berperan untuk memasok produk ke Toko SRC atau ritel lainnya. Dengan AYO Mitra by SRC, Mitra SRC dapat mengelola usaha semakin mudah dan efisien.
Toko SRC
Toko SRC yang hadir di lingkungan sekitar masyarakat Indonesia, berperan penting sebagai solusi belanja harian masyarakat sekitar dengan harga yang terjangkau. Dengan AYO TOKO by SRC, Toko SRC dapat melakukan pemesanan berbagai produk kebutuhan melalui Mitra SRC dengan lebih efisien.
Pelanggan SRC
Sebagai pemakai barang/jasa dalam kebutuhan sehari-hari yang disediakan oleh Toko SRC, Pelanggan Toko SRC bisa mendapatkan kebutuhan secara lengkap dengan harga yang terjangkau. Pengalaman berbelanja bagi pelanggan juga semakin menyenangkan dengan adanya aplikasi My AYO by SRC. Dengan rutin berbelanja di Toko SRC, Pelanggan Toko SRC secara tidak langsung membantu mengerakkan roda ekonomi Indonesia.
Nilai-Nilai SRC
Kearifan Lokal
Melestarikan keberlangsungan toko kelontong sebagai salah satu bagian dari tradisi masyarakat Indonesia.
Berkembang Bersama
Paguyuban sebagai wadah untuk saling berbagi pengetahuan dan terus belajar beradaptasi di setiap perkembangan zaman.
Terpercaya
Menyediakan produk- produk berkualitas dengan harga yang bersaing.
Dampak Sosial
Berpartisipasi dan berkontribusi secara aktif dalam memberikan kebaikan bagi lingkungan sekitar untuk Indonesia yang lebih baik.
Sebuah rak khusus didedikasikan bagi pelaku UMKM di sekitar Toko SRC untuk menjual produk usaha mereka. Beragam varian produk UMKM dapat ditemukan di Pojok Lokal, mulai dari makanan ringan, kerajinan tangan dan berbagai macam produk khas lokal lainnya.
Dampak SRC Untuk Indonesia
Berdasarkan hasil riset Kompas Gramedia (KG) media tahun 2023
Berkontribusi dalam Ekonomi Indonesia
Omzet Toko SRC berkontribusi sebesar 263 Triliun per tahun terhadap perekonomian Indonesia. Nilai kontribusi ini setara dengan 11,36% dari total PDB Ritel Nasional.*
*PDB Retail (Perdagangan Besar dan Eceran, bukan Mobil dan Sepeda) tahun 2022 (Rp 2.077,43 Triliun)
Meningkatnya Daya Saing Toko di Era Ekonomi Digital
Sebesar 90% Toko SRC sudah digitalisasi dibandingkan toko kelontong non SRC. Kolaborasi strategis dan program SRC membawa 77% Toko SRC memiliki tambahan usaha yang bervariasi dari penjualan produk digital, jasa pembayaran, agen & ekspedisi. Kegigihan ini meningkatkan rata-rata omzet Toko SRC sebesar 42%.
Dukungan SRC untuk Produk UMKM
Melalui Pojok Lokal, SRC turut serta berperan nyata mendukung pengembangan usaha kepada pelaku UMKM yang berada di sekitar Toko SRC. Kontribusi omzet produk UMKM melalui Pojok Lokal mencapai Rp5,65 Triliun/tahun dan total omzet UMKM lebih tinggi 40% di Toko SRC dibandingkan toko kelontong non-SRC.
AYO Toko by SRC
Solusi digital untuk pemilik toko kelontong