SERUNYA FESTIVAL SRC INDONESIA!
SERUNYA FESTIVAL SRC INDONESIA!
23 January 2020 1657 views
Share to

Paguyuban SRC menyelenggarakan Festival SRC Indonesia 2019 yang menghadirkan lebih dari 8.000 pelaku UKM termasuk toko kelontong 13 kota di seluruh Indonesia. Adapun kota-kota itu adalah Medan, Pekanbaru, Palembang, Lampung, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Balikpapan, Pontianak, Makassar, dan Manado. Festival ini dilaksanakan pada rentang waktu 17 November - 15 Desember 2019. Rangkaian festival SRC Indonesia bertujuan meningkatkan daya saing UKM sektor retail sekaligus memperkenalkan ekosistem SRC kepada konsumen.

Melalui festival ini, SRC mengajak masyarakat untuk mendukung pertumbuhan UKM lewat gerakan #BerbelanjaDekatRumah (BERKAH). Gerakan ini merupakan seruan kepada masyarakat untuk memilih berbelanja di toko kelontong di sekitar tempat tinggal mereka. Selain itu, gerakan ini juga merupakan upaya pelestarian tradisi, mengingat berbelanja di toko kelontong sarat akan nilai sosial dan ekonomi Indonesia sejak dulu.

SRC sendiri merupakan jaringan toko kelontong masa kini binaan PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) yang secara konsisten telah berjalan selama 11 tahun. Pada awal terbentuk di tahun 2008, SRC beranggotakan 57 toko kelontong di Medan. Kini SRC telah beranggotakan lebih dari 120.000 toko yang tersebar di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Sebagai nilai tambah bagi konsumen dan juga anggotanya, SRC telah menerapkan sejumlah inovasi guna meningkatkan daya saing di era yang dinamis ini. Pada awal tahun 2019 silam, SRC meluncurkan aplikasi ponsel “AYO SRC” sebagai terobosan inovatif dalam memperkuat ekosistem bisnis toko kelontong. Aplikasi ini menghubungkan seluruh anggota SRC dengan mitra penyalur dan konsumen sehingga menjadikan proses pengelolaan toko menjadi lebih efisien dan efektif.

Selain itu, juga terdapat Pojok Bayar yang merupakan sarana untuk memudahkan para konsumennya dalam melakukan transaksi produk digital seperti pulsa, paket data internet dan pembayaran listrik. Di samping dukungan teknologi digital, SRC juga menyediakan wadah khusus untuk mendukung pertumbuhan produk UKM sekitar lingkungan SRC lewat Pojok Lokal. Melalui Pojok Lokal, SRC turut membantu pelaku UKM dari segala lapisan masyarakat dapat mengambil peran dalam mewujudkan perekonomian yang menjadi lebih baik.

Festival SRC bekerjasama dengan Komunitas Waste4Change, berhasil mengumpulkan lebih dari 1,6 Ton sampah yang bersumber dari 35 peserta jalan santai. Para peserta yang mengikuti jalan santai bersama-sama mengumpulkan sampah plastik sebagai bentuk partisipasi mereka di kegaitan Festival SRC Indonesia. Selain itu, Festival SRC Indonesia ini juga menampilkan hiburan sebagai bagian dari kegiatan acara yang dimeriahkan oleh deretan artis ternama, seperti Via Vallen, Iis Dahlia, Nella Kharisma, Project Pop, Wika Salim, dan masih banyak lagi.