Eps 3 - Sofi oh Sofi
Eps 3 - Sofi oh Sofi
29 April 2019 2004 views
Share to

Berbagai cerita dalam sitcom SRC selalu mengangkat interaksi jenaka yang lumrah terjadi dalam kehidupan bertetangga sehari-hari. Disajikan dalam bentuk lelucon, cerita-cerita tersebut menggelitik sekaligus memancing kita untuk berpikir. Di episode ketiga ini, ‘Sofi oh Sofi’, cerita berangkat dari Ratna yang tanpa sengaja menguping obrolan Theo dan Akib. Dari obrolan yang didengarnya, Ratna berkesimpulan kalau Akib sedang jatuh hati dengan seorang wanita yang ada di SRC Somad. Gara-gara itulah, Ratna melaporkan apa yang didengarnya ke Tian, istri Akib. Dari situ pula Tian hampir marah besar kepada Akib.


Cerita seperti ini memang terdengar sederhana, hampir jauh dari kesan serius. Namun, hal-hal semacam inilah yang memang kerap terjadi dalam keseharian masyarakat. Berita-berita yang menyebar dari mulut ke mulut tanpa tahu kebenarannya. Meskipun dikemas dalam bentuk komedi, episode sitcom SRC ini mengajak kita untuk berpikir panjang dan lebih kritis terhadap lingkungan sekitar. Dalam interaksi sehari-hari, mudah bagi kita untuk menjadi seorang Ratna. Sebarkan berita dulu, yang penting terdengar seru, benar atau tidaknya nanti saja. Di sini SRC mengajak kita untuk lebih menyerupai Somad daripada Ratna. Somad, begitu mendengar kekesalan Tian, langsung mengklarifikasi semuanya. Dengan begitu menghindari pertengkaran yang tidak perlu.


Pesan yang disampaikan mungkin terdengar serius. Namun, tentu saja pada akhirnya semua dikemas dalam alur cerita yang ringan, humor yang bersahabat, dan interaksi yang kompak. Menyaksikan episode 3 ini menjadi pengingat bahwa selalu ada yang bisa kita tertawakan dalam hidup sehari-hari. Terkadang yang kita perlukan sesederhana menanggapi hidup dengan lebih santai dan gembira.