Pengembangan Bisnis
14 November 2019
Menilik Foto Toko Kelontong Dulu dan Sekarang
Menilik Foto Toko Kelontong Dulu dan Sekarang

Sandingkan foto toko kelontong sepuluh tahun silam dengan toko kelontong hari ini. Perhatikan keduanya dan lihat apa saja yang berbeda. Tampilan luar, suasana toko, dan bahkan lingkungan sekitar, banyak yang tidak lagi tampak sama. Jika dulu toko kelontong identik dengan pencahayaan temaram dan penataan produk yang tidak terlalu tertata, kini toko kelontong sudah jauh lebih rapi dan terang. Produk-produk yang dijual sekarang juga muncul dengan ragam kemasan yang mungkin tidak mirip sama sekali dengan sepuluh tahun lalu. Bahkan tak sedikit toko kelontong yang memiliki ukuran ruangan lebih luas, sehingga pembeli bisa leluasa mencari barang yang dibutuhkan.

Semua perubahan ini terjadi seiring berjalannya waktu dan tentu saja tidak akan berhenti di situ. Toko-toko kelontong menyesuaikan diri dengan gaya hidup para pelanggan. Gaya berbelanja yang berubah berarti penyesuaian gaya jual beli pula. Jika tidak dilakukan, maka toko-toko kelontong yang ada bisa tertinggal dan tidak lagi dirasa relevan. Apalagi dengan ketatnya persaingan di antara beragam toko, warung, bahkan pula pasar swalayan.

Dari sinilah Sampoerna Retail Community (SRC) memulai kontribusinya untuk mendorong toko-toko kelontong di berbagai daerah agar semakin berkembang. Beberapa inovasi diperkenalkan agar dapat diterapkan, mulai dari cara jual beli yang lebih rapi, penataan barang dagangan, undian berhadiah sebagai promosi toko kelontong, hingga potongan harga untuk menarik lebih banyak pembeli. Tak hanya itu, interior serta eksterior toko pun diubah agar lebih menarik dan lebih nyaman. Dengan demikian, pembeli tak akan segan untuk mampir ke toko dan pemilik toko pun bisa dengan mudah melayani pembeli karena cara jual yang lebih rapi.

Cara-cara tersebut menunjukkan bagaimana toko kelontong dapat menjaga identitasnya yang sudah dikenal sejak bertahun-tahun lalu sambil tetap memberikan pembaruan-pembaruan yang diperlukan. Dulu dan sekarang, toko kelontong mungkin terus berubah, tetapi dari dulu hingga sekarang, toko kelontong adalah pilihan belanja terbaik masyarakat Indonesia. Toko kelontong tetap menjadi toko yang dekat dengan masyarakat, hemat, dan pastinya bersahabat.

 

#JadiLebihBaik

#BerbelanjaDekatRumah

#SRCUntukIndonesia

Kembali ke Cerita Sahabat