Pengembangan Bisnis
14 November 2019
Apa Itu Toko Kelontong? Satu Definisi, Banyak Keunikan
Apa Itu Toko Kelontong? Satu Definisi, Banyak Keunikan

“Buuu, tumbas”.

Kalimat seperti ini mungkin tidak akan Anda dapati ketika berbelanja ke toko kelontong di Padang atau Samarinda. Sebab kalimat ini hanya akan ditemukan di daerah Jawa. Tidak ada pula yang akan mendengar, “Om, mo bli sabong dang”, ketika mampir ke toko kelontong di Makassar atau Surabaya. Itu karena permintaan tersebut hanya akan terdengar di Manado. Ini merupakan salah satu hal menarik tentang toko kelontong. Bahkan ketika interaksi dan percakapan di setiap toko berbeda antara satu daerah dengan yang lain, suasana familiar yang muncul tetap terasa sama akrabnya. Tidak sekadar perbedaan di masing-masing daerah, setiap toko kelontong yang berada di satu kota yang sama pun punya ciri khasnya masing-masing.

Toko kelontong memang sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia. Di mana pun berada, Anda bisa dengan mudah menemukan toko kelontong yang berada dekat tempat tinggal Anda. Penjualnya pun seringkali sudah Anda kenal dekat, sehingga interaksi saat berbelanja hampir tak bisa terhindarkan. Dan seperti yang sudah disinggung di atas, setiap daerah memiliki keunikan tersendiri—sesuai dengan lokasi wilayahnya. Toko kelontong yang berada di Jawa, memiliki keunikan yang berbeda dengan toko kelontong di Manado.

Ini menunjukkan bagaimana toko kelontong benar-benar mewakili kehidupan kita orang Indonesia. Masing-masing memiliki perbedaan, tetapi selalu ada kesamaan mendasar yang jelas tampak ketika dilihat sebagai sebuah kesatuan. Serupa dengan “standar” orang Indonesia yang dikenal ramah, karakter toko kelontong yang sama di mana saja berkembang seiring kebiasaan, tumbuh dan menjadi “standar” wajar berbagai toko kelontong di banyak tempat. Jika ada yang bertanya apa itu toko kelontong, maka bisa dijawab bahwa toko kelontong adalah salah satu contoh sederhana wajah Indonesia. 

Inilah yang kemudian ingin dipertahankan oleh Sampoerna Retail Community (SRC). Melalui pendampingan kepada para pemilik toko, SRC berusaha menunjukkan keunikan dan keistimewaan setiap toko sambil tetap menjaga ciri bersama toko kelontong. Di toko SRC mana pun pembeli berkunjung, keramahan pelayanan yang diberikan akan selalu sama. Toko kelontong memang memiliki satu definisi, tetapi keunikan yang dimiliki setiap daerah akan berbeda dan menarik untuk ditelusuri.

 

#JadiLebihBaik
#BerbelanjaDekatRumah
#SRCUntukIndonesia

Kembali ke Cerita Sahabat