Pengembangan Bisnis
13 March 2019
Panutan dari Banda Aceh

Berjarak kurang lebih 6 KM dari Banda Aceh, Lampulo merupakan sebuah kelurahan yang terletak di kecamatan Kuta Alam. Di kawasan nelayan tersebut, tempat kapal-kapal berkumpul, berdirilah SRC SM. RAJA. Sebelum tahun 2018, SRC SM. RAJA tidak tampak seperti sekarang ini. Toko tersebut pertama hadir di tahun 2009, yang diawali dari jualan kaki lima. Dari situ kemudian berkembang menjadi sebuah kios kecil, dan seiring berjalannya waktu menjadi semakin besar sehingga tidak dapat lagi disebut sebuah toko kecil.

Munawar adalah nama sosok di balik SRC SM. RAJA ini. Ia memutuskan untuk bergabung dengan Sampoerna Retail Community (SRC) tahun lalu, 2018, sekalipun ajakan bergabung sebenarnya sudah datang setahun sebelumnya, 2017. Namun, pada saat itu, ia belum melihat alasan yang kuat mengapa perlu bergabung dengan SRC. Penjualan di tokonya bisa dikatakan sudah baik, barang-barangnya laku dan tidak ada kesulitan tertentu yang dialami. Dengan kata lain, wajar jika pada saat itu Munawar tidak tertarik bergabung. Namun, seiring berjalannya waktu, ia mulai melihat bagaimana toko-toko lain berkembang di bawah naungan SRC. Ini membuat Munawar mempertimbangkan kembali ajakan yang diberikan tim SRC sebelumnya. Ia berpikir bahwa mungkin itulah saat yang tepat untuk mengembangkan toko miliknya. Dari sanalah ia lalu menerima ajakan tersebut, dan semenjak saat itu, mulai melihat berbagai manfaat yang bermunculan. Penataan toko yang semakin rapi serta apresiasi pelanggan terhadap berbagai perubahan dalam toko adalah beberapa di antaranya. Semakin banyak pelanggan yang berkunjung, semakin dikenal pula nama SRC SM. RAJA di sana. Ini tentu diikuti oleh peningkatan omzet yang signifikan.

Munawar melihat bahwa yang ditawarkan oleh SRC adalah sebuah proses, bukan hasil. SRC memang memberi pengarahan dan pendampingan, tetapi sebagian besar perubahan yang dilakukan di toko tetap merupakan pekerjaannya sendiri secara mandiri. Melalui proses ini, yang ia dapatkan bukan hanya pengetahuan dan keterampilan baru dalam hal pengelolaan bisnis, tetapi juga praktik investasi. Ketika yang lain bertanya mengapa, Munawar menjawabnya dengan menunjukkan hasil yang ia dapat. Ketika yang lain bertanya bagaimana, Munawar menjawabnya dengan terus membenahi toko, menjadi contoh bagi siapa saja yang memiliki niat dan kesungguhan serupa dirinya.

 

Klik disini untuk lihat video.

Kembali ke Cerita Sahabat